Senin, 29 Desember 2008

Persahabatan


Ujung kubu adalah merupakan sebuah desa yang terdapat di kecamatan Tanjung Tiram (sebelum tahun 2008, kecematan Tanjung Tiram termasuk bagian kabupaten Asahan, setelah pemekaran kabupaten Asahan terbagi 2 yaitu Asahan dan Batu bara dan kecamatan Tanjung Tiram masuk ke kabupaten Batu Bara) provinsi Sumatera Utara.
Mata pencaharian masyarakat di sana pada umumnya bertani dan nelayan tradisional. Pada tahun 80 an pembanguan di desa tersebut masih jauh tertinggal, listrik dan telepon belum ada jalan masih tanah dan berbatu bahkan televisi pada tahun tersebut merupakan barang mewah dan jarang ada penduduk yang mempunyainya, jika pun ada itupun televisi hitam putih. Pendidikan masih banyak lakukan oleh tokoh-tokoh masyarakat, walupun sekola Dasar negeri sudah ada, itu pun masih standat. (hampir sama kondisinya di film laskar pelangi) dan perhatian masyarakat terhadap pendidikan anak-anak sangat rendah sekali.
Dengan konsidi seperti itu ada sebahagian anak-anak desa tersebut yang bercita-cita tinggi, ingin merubah kehidupan dengan pergi keluar dari kampung tersebut dengan perbekalan pendidikan dan keahlian seadanya, ada yang mencari jalan pintas dengan merantau ke malaysia secara ilegal, ada yang melanjutkan sekolah ke kota provinsi (medan). Pada umumnya yang merantau ke Malaysia pada waktu awal tahun 90 an, mereka cepat berhasil dengan membawa pulang harga tapi tidak bertahan lama, setelah berkeluarga mereka tinggal di kampung lagi. akan tetapi yang pergi dengan tujuan sekolah, pada umum lama kelihatan perubahan hidupnya dan mereka jarang mau pulang ke kampung jika sudah mendapatkan fasilitas yang memadai di daerah mereka tinggal, bahkan ada yang membawa keluarganya yang lain kedaerah perantauannya. Pada tahun 90 an desa Ujung kubu sudah mulai terang dengan masuk nya listrik dan sebahagian jalan sudah di bangun walaupun setengan tahun kemudian rusak kembali. setelah pindah ke kabupaten Batu Bara ini, perkembangan di desa Ujung Kubu belum terlalu kelihatan, mungkin setelah 5 atau 10 tahun kemudian jika anak Ujung kubu yang jadi Bupatinya, hehehe. amin.


Tidak ada komentar: